paham kan, kalo hidup dilalui dengan berbagai macam perjalanan?

Sore di Batu Lawang - Cilegon

21.08
15 juni 2013 adalah sabtu yang sudah terencana. Saya dan 2 orang teman, Indah dan Arfan berencana untuk mengunjungi salah satu tempat wisata alam yang berada di Cilegon-Banten. Batu lawang atau ada juga yang menyebutnya sebagai Watu Lawang (keduanya memiliki arti yang sama), begitu tempat wisata tersebut dinamakan. Konon katanya sakitnya karena diguna-guna disana, disebuah puncak perbukitan terdapat sebuah baru besar. Oke, mari kita buktikan.

Perjalanan dimulai dari Serang, saya dan Indah berangkat sekitar pukul 14.00 (lewat) menuju Cilegon dengan mengendarai kesatria besi saya yang paling setia menemani kemanapun saya menjelajah hahaha. Sampai di Cilegon sekitar pukul 15.00 sore. Sesampainya di Cilegon tepatnya di kampus Teknik Untirta kami bertemu dengan seorang teman kami sekaligus sebagai tour guide saya dan Indah hari itu, Arfan.

Perjalanan langsung dilanjut menuju batu lawang karena tour guide kami khawatir jika turun bukit terlalu sore. Langsung saja kami bertiga bergegas menuju wilayah Gerem, nama daerah dimana merupakan salah satu jalur menuju batu lawang (jalur motor). Sekedar informasi, yang juga saya dapat dari seorang teman bahwa ada jalur lain yang dapat ditempuh menuju batu lawang yaitu melalui bukit palm. Dimana jalur tersebut merupakan jalur hiking menuju batu lawang.

Sampai di depan gapura dan terdapat tulisan "wisata alam Batu Lawang". sepanjang jalan kami melewati pemukiman/perkampungan lumayan ramai, kemudian suasana perbukitan mulai terasa, kanan kiri hijau, rindang, perbukitan dan udara disana terasa lebih sejuk dibandingkan pusat kota Cilegon. Hal yang tidak saya bayangkan sebelumnya, ternyata perjalanan yang akan kami lalui hampir semuanya tanjakan curam. Yang saya pikirkan saat itu hanya, bagaimana saat arah pulang nanti? Turunan, harus main rem sedangkan kanan sebelah kiri kami jurang. Luar Biasa. Cilegon masih punya tempat seperti ini.

Sempat berhenti disebuah warung karena saya tidak tahan ingin mentertawai perjalanan yang kami lalui hahaha *geli sendiri*. Tidak lama setelah melanjutkan perjalanan, kami sampai di depan mushola kecil dan menitipkan motor disana pada warga (biaya penitipan cukup 10.000 untuk 2 motor). Kemudian kami melewati jalan setapak menuju tempat yang disebut batu lawang. Sempat keliru pada saat pertigaan pavingblock, tapi ternyata ada tanda pada sebuah batu bergambarkan panah dengan cat berwarna merah yang menunjukan arah yang harus kami tempuh menuju batu lawang. *kami tahu ini setelah kami turun dari bukit hahahaha*

Kurang lebih 15 menit perjalanan menuju batu lawang dari tempat penitipan motor. Melewati perkebunan warga, rumput-rumpul liar dan disuguhi pemandangan kota cilegon yang luar biasa indahnya, Subhanallah, kami sampai disebuah saung. terdapat 3 saung disana.
Pelabuhan Bojonegara dengan kapal-kapal barangnya terlihat seperti miniatur, begitu pula rumah-rumah yang kami lihat dari sebuah saung di atas bukit. Suara rebana qosidah dari sebuah masjid di bawah bukit terdengar sampai bukit. Bukit pemancar terlihat jelas, gunung pinang dan gunung sari pun terlihat dari atas bukit. subhanallah, semakin mencintai ciptaan-Nya.
Tidak lama kami di bukit, ngobrol seputar trip dan menyempatkan untuk berfoto. Hari semakin sore, kami memutuskan turun. Rasanya masih ingin berlama-lama diats bukit itu. Kalau bisa melihat sunrise diatas bukit situ. Pasti Luar Biasa. Oke, next time ya! Hehe

Tiba di tempat parkiran motor, indah memutuskan untuk di bonceng arfan, alasannya kasihan sama motor saya, tapi mmg saya lebih yakin indah naik motor sama org yang expert di medan seperti ini, saya cukup diragukan hahaha... Perjalanan turunan, lumayan menyeramkan, tapi luar biasa. pas magrib kami sampai di gerem dan instirahat. Menuju damkar dan menunaikan solat magrib disana. Menghabiskan malam minggu di KJ, serasa anak gaul.

Alhamdulillah, Batu Lawang terlaksana... Next pengen coba jalur hikingnya dan menikmati sunrisenya. insyaAllah :D

Batu Lawang
Second Time to Batu Lawang with another friend

Be First to Post Comment !